SOAL-SOAL DAN LATIHAN
Mata Pelajaran Muatan Lokal (Teknik Sepeda Motor) Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Ilustrasi : Mesin Sepeda motor Matik Ilustrasi : Mesin Sepeda motor Bebek
PILIHAN GANDA
Pilihlah satu jawaban yang paling benar
dengan cara menghitamkan pada lembar LJK huruf a, b, c, d, atau e
1. Siklus
mesin untuk mesin 4 langkah terdiri dari :
a. Dua langkah piston satu kali putaran poros engkol
b.
Empat langkah piston dua kali putaran poros engkol
c. Empat langkah piston satu kali putaran poros engkol.
d.
Dua kali piston melangkah.
e.
Semua jawaban salah
2.
Apabila permukaan minyak pelumas pada mesin terlalu rendah, kemungkinan
penyebabnya adalah :
a.
Ada kebocoran minyak pelumas
b.
Bos atau sil klep aus
c.
Cicin
torak dan silinder telah aus / cacat
d.
Jawaban
a,b,c benar
e.
Jawaban a,b,c salah
3. Kode SAE pada minyak pelumas
menentukan :
a.
Warna
b.
Viscositas
c.
Mutu/kualitas
d.
Pabrik pembuat
e.
Harga jual
4. Kekentalan
minyak pelumas yang digunakan untuk mesin umumnya adalah :
a. 20 sampai 50
b.
50 sampai 90
c.
90 sampai 120
d.
120 sampai 140
e.
Semua jawaban salah
5. Tekanan kompresi mesin menjadi rendah
kemungkinan penyebabnya :
a.
Kualitas oli tidak
sesuai
b.
sirip pendingin mesin
kotor
c.
Banyak karbon pada ruang bakar
d.
Dudukan katup dengan katup tidak rapat
e.
Volume bahan bakar
sangat sedikit
6. Fungsi
kelonggaran celah klep yang sesuai standart adalah :
a. Untuk mencegah detonasi
b.
Agar pelumasan pada klep
semakin baik
c.
Agar klep tidak mudah
aus, karena bergesek
d.
Mengatasi pemuaian
e.
Semua jawaban benar
7. Syarat penyetelan klep, selain mesin dalam kondisi
dingin, juga posisi piston harus pada posisi:
a.
TMA
langkah kompresi /akhir langkah kompresi
b.
TMA langkah pembuangan
c.
TMA langkah penghisapan
d.
TMA langkah kerja.
e.
TMB
8. Fungsi karburator pada sistim bahan bakar
sepeda motor yaitu ;
a.
Untuk mengatur jumlah udara yang akan masuk ke dalam silinder
b.
Untuk mengatur tekanan udara yang akan masuk ke dalam silinder
c. Untuk mencampur bahan bakar dan udara sesuai
dengan beban kerja mesin
d.
Untuk menyuplai bahan bakar kedalam mesin.
e.
Untuk memisahkan udara dari bahan bakar
9. Komponen-komponen karburator adalah
sebagai berikut, kecuali :
a.
Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, nedle jet holder
b.
Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, throttle valve
c.
Mangkok pelampung, Slow
jet, Main jet, pilot screw
d.
Mangkok
pelampung, Slow jet, Main jet, throttle valve dan power valve
e.
Tidak ada jawaban yang benar
10. Bila baut penyetel Idle Mixture Adjusting Screw
Karburator (setelan angin) diputar arah ke dalam maka :
a. Jumlah udara lebih banyak dibanding bensin pada
putaran tinggi
b.
Jumlah udara lebih banyak dibanding bensin pada
putaran rendah
c.
Jumlah bensin lebih banyak dibanding udara
pada putaran tinggi
d.
Jumlah bensin lebih
banyak dibanding udara pada putaran rendah
e.
Jawaban a dan c benar
11.
Makin tinggi oktan bahan bakar artinya :
a.Bahan bakar tersebut makin
tidak mudah terbakar
b.
Bahan bakar tersebut
makin mudah terbakar
c.
Bahan bakar tersebut dominan terjadi
detonasi pada mesin
d.
Bahan bakar tersebut
jelek untuk pembakaran
e.
Bahan bakar tersebut
sulit digunakan
12.
Terjadinya kopling slip sewaktu berakselerasi penyebabnya adalah seperti dibawah ini, kecuali :
a.
Tidak ada jarak main
bebas ( fre play ) kopling
b.
Pegas koling terlalu keras
c.
Kanvas kopling aus
d.
Pegas kopling lemah
e.
Semua jawaban salah
13. Pada
Sepeda motor guna dari Ignition Switch
adalah menghubungkan dan memutuskan:
a.
Regulator dengan
alternator
b.
Alternator dengan motor
starter
c. Massa dengan igniton coil
d.
Baterai dengan massa
e.
Lampu besar dengan
baterai
14. Pengaturan Saat pengapian (igniton timing) pada
sepeda motor ditentukan oleh :
a.
Pemilik sepeda motor
b. Workshop
manual
c.
Kebijakan bengkel masing-masing
d.
Teknisi / mekanik
e.
Jarak tempuh
15. Pada sistem rem hidrolik, apabila pengereman
kurang efektif, hal ini disebabkan oleh karena:
a.
Kapasitas minyak rem kurang
b.
Ada unsur udara pada sistem hydrolik
c.
Jenis minyak rem tidak sama
d.
Volume minyak rem berlebihan
e.
Minyak rem sudah basi
16. Sumber listrik sepeda motor menggunakan :
a.
Accu dan alternator d. Rotor
b.
Alternator dan Regulator e. Capasitor
c.
Starter motor dan
alternator
17. Untuk
mengukur berat jenis accu dipergunakan :
a.
Multi tester d. Cylinder gauge
b.
Micro meter e. Battery level
c. Hydrometer
18. Fuse
blade mempunyai identifikasi warna sebagai berikut
a.
Merah 10 A, Biru 15 A, Kuning 20 A
b.
Biru 10 A, Merah 15 A,
Biru 20 A
c.
Hijau 10 A, Kuning 15 A.
Biru 20 A
d.
Kuning 10 A, Hijau 15 A,
Biru 20 A
e.
Semua jawaban benar
19. Apabila lampu depan tidak menyala kemungkinan penyebabnya adalah sebagai
berikut, kecuali :
a.
Bolam rusak, putus atau
terbakar
b.
Regulator / rectifier rusak
c.
Sakelar lampu rusak
d.
Rangkaian listrik
didalam susunan kabel listrik terbuka
e.
Ada sambungan rangkaian
listrik yang longgar
20. Membuang angin pada sistem rem hidrolik disebut juga dengan....
a. Menyetel rem d.
Penambah angin
b. Menambah daya rem e. Masuk angin
c. Membleding
21. Terjadinya
teganggan tinggi ( kurang lebih 20.000 Volt ) pada ignition coil adalah :
a. Pada saat platina mulai menutup d. Pada saat platina akhir
membuka
b. Pada saat platina mulai membuka. e. Semua jawaban salah
c. Pada saat platina tetap menutup
22.
Yang
bukan bagian dari transmisi sepeda motor ialah:
a. Shift
drum c.
Gear Shift Spindle e. Key
shift
b. Shift fork d.
Stopper
23. Di bawah ini adalah rem piringan yang di tunjukkan pada no 3 adalah..
a. Master rem d.
Piston Rem
b. Wheel silinder e. Pad Rem
c. Disc rotor
24. Komponen-komponen
dari rem Tromol sepeda motor terdiri dari bagian-bagian dibawah ini, kecuali....
a. Backplate d. Master rem
b. Return springs e. Operating cam
c. Brake Shoes
25.
Gigi Tansmisi sulit untuk di pindahkan di sebabkan oleh, kecuali:
a. Setelah kopling tidak benar d.
Gigi berputar dengan benar dan bagus
b. Shift fork bengkok e. poros pemindahan
gigi tidak lurus
c. Alur shift drum rusak
26.
Bagian transmisi yang berfungsi sebagai pemindah gigi dan penggerak gigi yaitu:
a. Shift
drum c.
Gear Shift Spindle e. Main
shaft
b.
Shift fork d. Dog hole
27.
Fungsi Tansmisi pada sepeda motor adalah untuk:
a. Menambah tenaga motor
b. Meningkatkan kemampuan motor
c. Mengatur
tingkat kecepatan motor
d. Memutuskan dan menghubungkan putaran
mesin
e. Memindahkan tenaga tanpa terjadi slip
28.
Prinsip kerja system rem berdasarkan …..
a. Perubahan gaya gesek menjadi daya
tekan
b. Momem kelembaman pada gesekan dua
bidang
c. Perubahan
energy gerak/kinetik menjadi energy panas
d. Perpindahan panas dari hasil gesekan
e. Perubahan energy panas menjadi tenaga
29.
Transmisi type “V” belt umumnya digunakan untuk kendaraan roda dua jenis/model.....:
a. Kaze R c. Satria FU e. VIAR
b. Mio d. Supra X 125
30. Di bawah ini
penyebab dari pada rem blong, kecuali..
a. pad rem sudah tipis d. Setelan rem
tidak berfungsi
b. Fluida rem macet e. Kanvas rem
aus
c. Pemasangan
kanvas yang pas
31. Master rem pada
system rem hidrolik berfungsi sebagai …
- Mengalirkan minyak rem ke pipa rem d. Menyaring minyak rem
- Mengurangi
kecepatan
e. Memisahkan minyak rem dari uap air
- Memperingan
gaya pengereman
32. Yang
bukan termasuk bagian mekanisme katup adalah :
a.
Poros cam d. Rol baut penyetel
b.
Batang penekan e. Poros engkol
c.
Pegas penutup
33. Poros transmisi
yang selalu berhubungan dengan poros engkol melalui gigi kopling ialah:
a.
Main shaft c.
Counter gear e. Poros engkol
b. Countert shaft d. Main gear
34. Rem tromol yang mempunyai satu cam pengerak brake shoes adalah tipe
rem...
a. tipe single leading shoe d. Tipe two leading shoe
b. tipe leading & traling e. Tipe two trailing shoe
c . tipe single traling shoe
35. Bagian – bagian dari rem cakram dibawah ini adalah, kecuali:.......
a. Disc plate d. Tromol rem
b. Caliper e. Piston rem
c. Pad rem
36. Pengereman berisik dan bersuara di akibatkan oleh ..............
a. Fluida rem kurang d. Ban telah aus
b. Silinder rem bocor e. Kanvas rem telah aus
c. Saluran rem tersumbat
37. Satuan spesifikasi dari minyak rem di sebut dengan.....
a.
S.A.E (Society of Automotive Engineer)
b. D.O.T ( Department of Transportation)
c. J.A.S.O ( Japanese Automotive Standard Organization)
d. P.A.O (polyalpha olefin)
e. A.P.I ( American Petroleumof Institute)
38.Keuntungan rem cakram bila dibanding
dengan rem tromol adalah :
a.
Pendinginan lebih
baik dengan tanpa penyetelan
b.
Memiliki
water recovery yang baik
c.
Daya
pengereman lebih stabil
d.
Konstruksinya
sederhana dan mudah perawatannya
e.
Pengereman
lebih sering di lakukan
39.Penyebab dari rem sering tertahan atau macet adalah, Kecuali......
a. Penyetelan tangkai rem/pedal rem
tidak tepat
b. Kerusakan seal minyak rem pada kaliper
c. Kaliper rem kotor dan berkarat
d. Clearence antara brake disc dan brake pads tidak memadai
e. Penyetelan tangkai rem dan pedal telah pas dan akurat
40. Pemeliharaan
sistem pendingin udara adalah sebagai berikut , kecuali :
a.
Membersihkan
Rusuk Pendingin sampai bersih dengan menggunakan angin dari kompressor.
b. Memberi
lapisan cat pada rusuk pendingin
c.
Jangan menghidupkan mesin terlalu lama jika tidak dijalankan
d.
Bersihkanlah kisi-kisi lubang angin pada silinder dengan angin
kompresor
e.
Bersihkanlah kisi-kisi lubang angin pada bagian kepala silinder
Sumber: Dirangkum dari berbagai sumber
Gambar ilustrasi: https://2.bp.blogspot.com/
Ad kunci jawabanya gk
BalasHapusbagus
BalasHapusJawabannya mana
BalasHapusPlease kasih jawaban nya dong
BalasHapus